Tutorial 5: Membuat Diagram Unik di Powerpoint

Tutorial 5: Membuat Diagram Unik di Powerpoint

Diagram adalah suatu gambaran untuk memperlihatkan atau menerangkan suatu data yang akan disajikan. Atau definisi diagram yang lainnya adalah lambang-lambang tertentu yang dapat dipakai untuk menjelaskan sarana, prosedur serta kegiatan-kegiatan yang sudah biasa dilaksanakan dalam suatu sistem.

Jenis-jenis, dan contoh diagram :

Diagram garis – Penyajian data statistik dengan memakai diagram berbentuk garis lurus disebut dengan diagram garis lurus ataupun diagram garis. Diagram garis biasanya dipakai untuk menyajikan data statistik yang didapat berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan. Sumbu X menunjukkan waktu pengamatan, Sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai-nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan juga pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, Lalu selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan didapat diagram garis atau sering disebut juga grafik garis.

Diagram lingkaran – Penyajian data statistik dengan memakai gambar yang berbentuk lingkaran. Lalu bagian-bagian dari daerah lingkaran, menunjukkan persen data. Untuk membuat diagram lingkaran, pertama-tama terlebih dahulu ditentukannya besar persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.

Diagram batang – Pada umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai-nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan berbagai keterangan dengan batang-batang tegak ataupun mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah. Dan masih banyak lagi jenis diagram.

 

Kali ini saya akan mencoba berbagi bagaimana cara membuat salah satu diagram, yaitu diagram batang. Berbeda dengan diagram batang yang pada umumnya, kali ini saya akan berbagi bagaimana memodifikasi diagram batang menjadi terlihat berbeda dari diagram pada umumnya.

Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja tonton video berikut:

Sekian Tutorial kali ini, semoga bermanfaat buat teman-teman semuanya. sampai ketemu lagi di tutorial selanjutnya.

Jangan lupa ikuti pula tutorial lainnya disini, selain itu juga bisa pelajari trik-trik dalam membuat powerpoint disini

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *